Inspirasi Penjelajahan Kedai Kopi ala Kartunis Lilik Darmasto

Konten Media Partner
26 Desember 2020 22:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kartunis Lilik Darmasto dan karya sketsanya dalam pameran Sketsa Kopi
zoom-in-whitePerbesar
Kartunis Lilik Darmasto dan karya sketsanya dalam pameran Sketsa Kopi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SOLO-Kedai kopi semakin menjamur. Masing-masing menawarkan suasana dan rasa yang berbeda, susah untuk dibandingkan satu sama lain. Masing-masing seolah memiliki signature tersendiri.
ADVERTISEMENT
Bagi Lilik Darmasto, kartunis asal Solo, menjelajah kedai kopi menjadi sebuah kegemaran. Di tempat itu dia sering menemukan inspirasi untuk berkarya. Sebaliknya, pengembaraannya ke kedai-kedai kopi juga menjadi sebuah rangkaian cerita dalam pameran Sketsa Kopi.
Pameran sketsa dengan cat air itu digelar di Ahmed Coffee di kawasan Laweyan, Solo. Terdapat rangkaian acara yang berlangsung sejak 26 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.
Melalui karyanya, dia bercerita mengenai pengembaraannya ke kedai-kedai kopi selama dua tahun terakhir. Di tempat itu bukan sekadar minuman yang bisa dinikmati. "Yang saya dapatkan adalah pengalaman belajar tentang kopi, persahabatan dan kehidupan,” kata Lilik.
karya sketsa milik Lilik Darmasto dalam pameran 'Sketsa Kopi'
Bagi dia, karya untuk memaknai pengembaraannya itu akan terus berlanjut. "Pameran ini juga awal dari perjalanan. Ini bukan akhir dari perjalanan panjang berikutnya. Saya berharap masih ada ruang buat belajar, masih ada sahabat untuk menjadi guru," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Pameran itu sendiri dibuka pada Sabtu (26/12/2020). Rangkaian lainnya yaitu Nyeket Sembari Ngopi yang digelar 27 Desember, Fun Cup Drawing (27 Desember 2020 - 2 Januari 2021). Kemudian Workshop Sketsa (29 Desember) dan Sharing Kreatif (31 Desember).
(Agung Santoso)