LAPAN Rangkul ULM untuk Kerja Sama Riset

Konten Media Partner
20 April 2018 19:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banjarhits.id, Banjarmasin - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merangkul Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk berkolaborasi meningkatkan kerja sama riset. Kepala Sub Bagian Humas ULM, Siti Aisyah, mengatakan ULM satu-satunya perguruan tinggi di Pulau Kalimantan yang digandeng oleh LAPAN dalam kerjasama riset.
ADVERTISEMENT
Menurut Siti, LAPAN membuka peluang mahasiswa semua fakultas di ULM untuk magang dan menimba ilmu di LAPAN. Pihaknya sudah menerima perwakilan LAPAN untuk beraudiensi di kantor rektorat ULM di Banjarmasin. Adapun penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama antara LAPAN dan ULM pada 9 Mei 2018.
“Bahkan mahasiswa ULM diberikan kesempatan magang di LAPAN guna memperdalam ilmu. Hal ini sebagai bentuk kepercayaan bahwa kampus ULM dipilih dan diberi peluang kerjasama keilmuan,” ujar Siti Aisyah kepada banjarhits.id, selepas menerima perwakilan LAPAN, Jumat (20/4/2018).
Siti mengatakan LAPAN mengutus empat orang yang membahas persiapan MoU bersama lima orang dari Fakultas MIPA ULM. Rapat dipimpin oleh Kabiro Perencanaan Kerja dan Humas ULM Banjarmasin, Sarwadi.
ADVERTISEMENT
Sebelum menggandeng ULM, menurut Siti, LAPAN lebih dulu menjalin kerja sama dengan Program Studi Fisika FMIPA ULM. Adapun kerja sama LAPAN dan ULM menyangkut pengembangan ilmu pengetahuan teknologi, pertukaran tenaga ahli, diseminasi karya ilmiah di antara kedua institusi, dan pemanfaatan penginderaan jauh untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan.
“Kerja samanya mencakup pengembangan, pemanfaatan teknologi penginderaan jauh, sains antariksa, atmosfer, dan penerbangan. Apalagi daerah Kalimantan dikenal banyak tanah rawa gambut, LAPAN tertarik penginderaan jauh lahan gambut,” kata Siti Aisyah.
Menurut dia, nantinya kedua institusi saling sharing facility, mahasiswa ULM yang magang bisa menggunakan fasilitas laboratorium LAPAN. Para ahli LAPAN juga bisa menjadi pembimbing atau supervisor bagi mahasiswa ULM yang sedang menyelesaikan skripsi ataupun tesis.
ADVERTISEMENT
Melalui kerja sama dengan lembaga sekelas LAPAN, Siti berharap bisa meningkatkan mutu sumber daya manusia di kalangan mahasiswa ULM dan berkontibusi terhadap pengembangan sains di Kalimantan, khususnya Kalsel. (Anang Fadhilah)