H+3 Lebaran, Penumpang Mudik Masih Berjubel di Pelabuhan Trisakti

Konten Media Partner
18 Juni 2018 21:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banjarhits.id, Banjarmasin - Memasuki H+3 Lebaran Idulfitri 1439 Hijriah, Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin masih dipadati penumpang yang ingin mudik. Walau sedikit telat merayakan lebaran di kampung halaman, penumpang yang rata-rata asal Jawa masih memadati terminal penumpang Pelabuhan Trisakti pada Senin (18/6).
ADVERTISEMENT
Mereka baru berangkat mudik karena kehabisan tiket dan menghindari penumpukan penumpang kapal. Pantauan Banjarhits.id pada Senin (18/6), tercatat ada 600 orang penumpang kapal KM Satya Kencana yang berangkat dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju Surabaya.
Kepala Pos Untuk Koordinator Posko Angkutan Lebaran 2018, Jondra Juis, mengatakan penumpang arus mudik masih menumpuk di pelabuhan yang hendak mudik ke Pulau Jawa lewat Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya. Menurut dia, pemudik yang baru berangkat hari ini karena kehabisan tiket kapan terakhir sebelum lebaran.
“Mudik ini memang tradisi orang Indonesia jadi apapun rintangannya, mereka akan tetap mudik" ujar Jondra Juis. Sebagian penumpang memang sengaja mudik selepas lebaran karena menghindari berdesakan dengan penumpang lain.
Ica dan Maridah misalnya. Mereka sengaja berangkat mudik selepas lebaran karena mencari suasana sepi supaya lebih nyaman ketika istirahat di kapal. "Kalau sekarang kan enak enggak berdesakan, orang lain sudah berangkat mudik semua,” ujar Ica kepada Banjarhits.id.
ADVERTISEMENT
Adapun penumpang lain, Ipung terpaksa mudik selepas lebaran karena kehabisan tiket kapal ketika hendak mudik sebelum lebaran. Ia dan keluarganya memang rutin mudik lebaran setiap tahun.
"Lebih baik telat mas daripada tidak sama sekali, satu kali setahun bisa ngumpul keluarga di Jawa Timur. Enggak enak sama orang tua disana nunggu anaknya pulang,” ujar Ipung. (Hanafi)