Di Bandung Ada 5 Pusat UTBK SBMPTN 2019

Konten Media Partner
10 April 2019 17:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jumpa pers UTBK SBMPTN 2019 di Rektorat ITB. (Iman Herdiana)
zoom-in-whitePerbesar
Jumpa pers UTBK SBMPTN 2019 di Rektorat ITB. (Iman Herdiana)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BANDUNG, bandungkiwari – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan mulai digelar akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu (13-14/4). Hasil nilai UTBK ini nantinya akan dipakai mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.
ADVERTISEMENT
Secara nasional, UTBK digelar di 73 pusat UTBK. Dari jumlah tersebut, 5 di antaranya adalah Pusat UTBK di Bandung, yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Universita Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya. Sementara kampus Universitas Islam Negeri (UIN) bergabung UTBK Unpad.
Sekretaris Pusat UTBK ITB Asep Gana mengatakan, SBMPTN 2019 memakai sistem UTBK. Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana masih ada ujian tulis dengan soal yang tercetak.
Dalam SBMPTN dengan sistem UTBK ini juga tidak ada istilah lulus atau tidak UTBK. Karena hasil UTBK hanya berupa nilai ujian yang kemudian nantinya dipakai untuk mendaftar SBMPTN.
“Nilai UTBK ini nanti dipakai untuk daftar SBMPTN dengan syarat-syarat tertentu,” kata Asep Gana, dalam jumpa pers di Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Rabu (10/4).
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan UTBK berlangsung dalam 24 sesi yang dilaksanakan tiap Sabtu dan atau Minggu dengan pembagian jenis ujian soshum dan saintek. UTBK terdiri dari sesi pagi yang dimulai pukul 07.30 dan sesi siang pukul 12.30.
“Pendaftaran UTBK sudah selesai. Sekarang kita konsentrasi ke pelaksanaan ujiannya,” kata Asep Gana.
Dalam pelaksanaan ujian nanti, setiap Pusat UTBK di Bandung melibatkan mitra yang menyediakan lokasi pelaksanaan UTBK.
“Contoh ITB. Lokasi mitra dan ITB sendiri. Mitra ITB adalah SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4 SMAN 5 dan SMK 2. Itu ada 5 lokasi di luar kampus ITB,” terangnya. (Iman Herdiana)