2 Video Aksi Petugas Damkar Bandung Mengatasi Sarang Lebah di Pohon Mangga Halaman Rumah

Konten Media Partner
26 November 2018 9:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
2 Video Aksi Petugas Damkar Bandung Mengatasi Sarang Lebah di Pohon Mangga Halaman Rumah
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Petugas Diskar PB Kota Bandung mengevakuasi sarang lebah yang tumbuh di pohon mangga halaman rumah di Bandung, Minggu (25/11/2018) malam. Ukuran sarang lebah belum terlalu besar, hampir sebesar helem anak-anak, namun sudah dihuni banyak lebah. (Iman Herdiana)
ADVERTISEMENT
BANDUNG, bandungkiwari – Lebah maupun tawon tidak jarang bersarang di sekitar pemukiman warga, di atap rumah, pohon di halaman, atau di kebun. Jika dibiarkan, sarang tersebut akan tumbuh besar. Bagaimana jika gerombolan yang memiliki sengatan menyakitkan itu bersarang di sekitar rumah Anda? Tentu menakutkan.
Tumbuhnya sarang lebah di sekitar rumah akan menjadi sumber intimidasi tersendiri, menimbulkan kekhawatiran akan serangan lebah. Tidak ada jalan lain selain menyingkirkan sarang lebah tersebut sebelum mereka benar-benar membesar dan dihuni ratusan bahkan ribuan pasukan penyengat.
Tapi untuk menyingkirkan sarang lebah, tentu harus dilakukan oleh ahlinya atau petugas yang terlatih. Keahlian ini dimiliki para petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Ya, instansi ini tidak hanya menanggulangi bencana kebakaran ataupun bencana alam. Dalam tugasnya di lapangan, mereka menemukan kasus potensi bencana yang ditimbulkan hewan atau serangga seperti lebah.
ADVERTISEMENT
Terbaru, Diskar PB Kota Bandung berhasil mengevakuasi sarang lebah yang tumbuh di pohon mangga halaman rumah Jalan Batik Jogja, Bandung, Minggu (25/11/2018) malam. Ukuran sarang lebah belum terlalu besar, hampir sebesar helem anak-anak, namun sudah dihuni banyak lebah.
Evakuasi dilakukan Minggu (25/11/2018) malam ketika hujan turun rintik-rintik. Diskar PB Kota Bandung menerjunkan enam personelnya yang memakai pakaian khusus untuk evakuasi lapangan dan helem. Mereka tiba sekitar pukul 19.00 WIB.
Pohon mangga yang buahnya cukup lebat itu posisinya berdekatan dengan jalan dan rumah-rumah warga sekitar. Keberadaan sarang lebah membuat orang segan memetik mangga.
Petugas segera memasang tangga untuk menjangkau sarang lebah. Mereka juga meneliti pintu masuk di sarang lebah. Petugas lain menyiapkan lap yang sudah disemprot obat pembasmi serangga. Lampu-lampu rumah di sekitar sarang lebah dimatikan, untuk menghindari perlawanan dari pasukan lebah.
ADVERTISEMENT
Ketika petugas siap menyumpal lubang di sarang lebah, lebah-lebah sempat keluar sarang, sepertinya mengetahui akan ada gangguan. Petugas pun kembali turun untuk menghindari serangan.
Maka petugas membiarkan sejenak lebah-lebah tersebut tenang. Beberapa saat kemudian, petugas kembali naik sambil membawa lap yang sudah bau obat serangga tadi. Kali ini petugas bisa memakai lap untuk menyumpal pintu masuk di sarang lebah.
Petugas kemudian menyemoprotkan obat pembasmi serangga. Setelah berkutat selama hampir satu jam, sarang lebah pun berhasil dilepas dari batang pohon mangga. Sarang kemudian dimasukkan ke dalam plastik dan diikat. Operasi selesai. Mangga pun kini bisa dipetik tanpa khawatir serangan lebah.
Berikut video evakuasi sarang lebah oleh petugas Diskar PB Kota Bandung:
ADVERTISEMENT
Video 1
Video 2
(Iman Herdiana)