Gara-gara 1 Orang Tewas Dikeroyok, 4 Rumah di Kota Sorong Dibakar

Konten Media Partner
5 Oktober 2020 17:21 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Warga membantu memadamkan api di salah satu rumah warga yang dibakar, foto : Yanti
zoom-in-whitePerbesar
Warga membantu memadamkan api di salah satu rumah warga yang dibakar, foto : Yanti
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebanyak 4 rumah warga di Kota Sorong, Papua Barat, ludes dibakar orang tak dikenal (OTK), Senin (5/10). Aksi pembakaran 4 rumah warga yang masing-masing berada di Jalan Tanjung Seget dan Jalan Pendidikan Km 8, Kota Sorong, dipicu oleh tewasnya satu orang warga yang diketahui bernama Robert M. Maturbongs, akibat dikeroyok beberapa orang pelaku yang diduga dalam keadaan dipengaruhi minuman keras (miras).
ADVERTISEMENT
Pengeroyokan yang terjadi di Jalan Sungai Remu km 8, selain menewaskan Robert Maturbong, juga membuat Erik Maturbongs mengalami luka serius di bagian wajah serta kepala dan saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.
Warga mencoba memadamkan api di lokasi kebakaran, foto : Yanti
Lantaran tidak terima dengan kejadian tersebut, keluarga dan sanak saudara dari korban pengeroyokan melampiaskan kekecewaan dan emosi mereka dengan membakar 4 rumah warga, yang diduga merupakan tempat tinggal dari para terduga pelaku pembunuhan.
Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan menjelaskan pembakaran rumah ini merupakan buntut dari kejadian pengeroyokan yang terjadi pada Senin dini hari (5/10), sekitar pukul 02.00 WIT di Jalan Sungai Remu km 8.
"Ada kejadian pengeroyokan, di mana korbannya atas nama Robert Maturbongs dan Erik Maturbongs. Akibat pengeroyokan itu, kedua korban malam itu juga langsung dilarikan ke rumah sakit. Pihak keluarga korban sudah membuat laporan ke polisi dan laporan tersebut sudah kita tindaklanjuti dengan bergerak mencari para pelaku pengeroyokan," ungkap Kapolres Sorong Kota saat dikonfirmasi awak media, di TKP pembakaran rumah warga Jalan Tanjung Seget km 8.
Buntut dari tewasnya 1 orang warga akibat dikeroyok, 4 rumah di Kota Sorong ludes dibakar OTK, Senin (5/10), foto : Istimewa
Menurut Ary, pihaknya sudah mengantongi identitas dari para terduga pelaku pengeroyokan dan sedang berupaya mencari orang-orang yang diduga pelaku pengeroyokan.
ADVERTISEMENT
"Begitu korban Robert Maturbong dinyatakan meninggal dunia pada pukul 13.00 WIT, kami langsung menerima informasi bahwa sudah ada beberapa rumah warga yang dibakar. Ini aksi spontanitas dari masyarakat atau keluarga korban, yang melakukan pengrusakan beberapa rumah warga," beber Ary.
Salah satu rumah warga beserta kendaraan di Jalan Pendidikan km 8, dibakar OTK, foto : Yanti
Dibeberkan Ary, 4 rumah warga yang dibakar, berada di 2 TKP atau dua tempat. Sampai saat ini, sambung Ary, pihaknya belum mengidentifikasi dan belum bisa memastikan siapa pelaku pembakaran 4 rumah warga tersebut.
"Saya minta masyarakat jangan lagi melakukan gerakan-gerakan yang dapat memperkeruh suasana. Percaya kepada kita, karena saya sudah perintahkan jajaran untuk segera mengungkap kasus ini dan menangkap para pelaku pengeroyokan. Diduga pelaku pengeroyokan lebih dari dua orang, identitas mereka sudah kami kantongi, nanti akan dikembangkan," tegasnya.
ADVERTISEMENT
Ditegaskan Kapolres Sorkot, pihak Kepolisian berupaya secepatnya mengamankan dan menangkap pelaku. "Dari pihak keluarga juga memberikan waktu kepada kami 2 x 24 jam, agar bisa segera menangkap pelaku. Kita juga sudah lokalisir, agar kejadian ini tidak meluas. Kita sudah dekati pihak keluarga, untuk tidak melakukan aksi apapun yang dapat merugikan orang lain," pungkasnya.
Tampak sisa puing-puing rumah warga yang dibakar, foto : Yanti
Satu dari 2 rumah yang ada di Jalan Pendidikan km 8, yang ludes dibakar orang tak dikenal, Senin (5/10), foto : Yanti