6 Penumpang dan ABK KM Gunung Dempo Divaksin COVID-19 di Pelabuhan Sorong

Konten Media Partner
1 Agustus 2021 18:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Panglima Koarmada III saat meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Sorong, foto: Yanti/Balleo News
zoom-in-whitePerbesar
Panglima Koarmada III saat meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Sorong, foto: Yanti/Balleo News
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebanyak enam penumpang dan dua orang anak buah kapal (ABK) KM Gunung Dempo, disuntik vaksin COVID-19 sesaat setelah sandar di Pelabuhan Sorong, Minggu (1/8).
ADVERTISEMENT
Penumpang dan ABK KM Gunung Dempo ini disuntik vaksin oleh petugas kesehatan dari TNI AL wilayah Sorong, yang sedang melakukan serbuan vaksinasi COVID-19, di Pelabuhan Sorong.
Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah mengatakan, ini merupakan kali ketiga pihaknya melaksanakan serbuan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Maritim di Pelabuhan Sorong.
Tampak para penumpang KM Gunung Dempo yang akan divaksin sesaat setelah kapal sandar, di Pelabuhan Sorong, foto: Yanti/Balleo News
"Serbuan vaksinasi kali ini menyasar para penumpang kapal yang turun di pelabuhan sorong, namun tidak bisa menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama. Selain itu, kami juga menyasar para pedagang asongan, tenaga bongkar muat pelabuhan dan masyarakat umum yang belum divaksin," ungkapnya ketika meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi COVID-19 Bagi masyarakat Maritim, di Pelabuhan Sorong.
Menurut Irvansyah, penyelenggaraan vaksinasi masyarakat maritim di Pelabuhan Sorong, sebagai respon meningkatnya kesadaran masyarakat melaksanakan vaksinasi COVID-19. Selain itu, Kota Sorong merupakan salah satu daerah yang masih menerapkan PPKM level 4.
Panglima Koarmada III meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi COVID-19, di Pelabuhan Sorong, Minggu (1/8), foto: Yanti/Balleo News
Untuk itu, Koarmada III dan jajaran terus melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim dan sosialisasi secara persuasif tentang penerapan protokol kesehatan, sebagai upaya menurunkan status level PPKM tersebut.
ADVERTISEMENT
"Hari ini kita target 450 orang yang divaksin. Sementara baru sekitar 154 orang termasuk penumpang dan anak buah kapal yang sudah divaksin. Petugas akan terus stand by di Pelabuhan Sorong, untuk melayani masyarakat yng ingin divaksin. Secara keseluruhan sudah 31.179 orang yang telah divaksin oleh TNI AL di wilayah Koarmada III, kami tidak akan berhenti untuk melaksanakan serbuan vaksinasi," tandasnya.
Ditambahkannya, dalam waktu dekat pihaknya akan melanjutkan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di pulau-pulau kecil, antara lain Pulau Doom, Pulau Jefman, Pulau Buaya, Pulau Soop, dan sejumlah pulau kecil yang ada di gugusan Kepulauan Raja Ampat.
ABK KM Gunung Dempo mengisi formulir pendaftaran, foto: Yanti/Balleo News
"Mari kita ikut vaksinasi supaya bisa mencapai kekebalan Herd Immunity secara komunal. Dengan vaksinasi, supaya kehidupan bisa kembali normal dan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Penanganan COVIS-19 tidak bisa dilakukan dengan bekerja sendiri-sendiri, tetapi butuh kerja sama. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda untuk mengajak masyarakatnya untuk mau divaksinasi," pungkasnya.
ADVERTISEMENT