Manfaat Pijat untuk Bayi

Babyologist
The trusted and resourceful media for pregnancy & maternity in Indonesia. Our vision is to make The Journey beautiful and enjoyable!
Konten dari Pengguna
29 Oktober 2018 21:15 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Babyologist tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Manfaat Pijat untuk Bayi
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pijat merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan kepada si Kecil guna mengekspresikan cinta, dan sekaligus merawatnya. Pijatan yang dilakukan kepada anak pastinya memiliki manfaat yang banyak, di antaranya seperti mampu meningkatkan berat badan, meningkatkan sirkulasi, mengurangi rasa sakit gigi, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara memijat bayi?
Pijat bayi dengan lembut, gerakkan irama tubuh bayi dengan tangan Anda. Bisa menggunakan minyak atau pelembab untuk membantu tangan Moms meluncur dengan mulus di kulit bayi.
Sebagai bagian dari rutinitas pijat, Anda bisa dengan lembut menggerakkan pergelangan kaki, pergelangan tangan dan jari-jari bayi. Moms bisa berbicara dengan lembut, bersenandung atau bernyanyi untuknya saat memijat, yang mungkin membuat aktivitas memijat jadi lebih menenangkan.
Gerakan yang menenangkan dari tangan Moms mampu menstimulasi produksi hormon oksitosin rasa-baik di dalam diri Anda, bayi dan bahkan pasangan Anda, jika ia menonton. Oksitosin adalah hormon yang memberi perasaan hangat dan penuh kasih saat menggendong bayi atau menyusuinya.
Apa manfaat pijat bayi?
ADVERTISEMENT
Ada banyak cara memijat bayi yang tidak hanya menguntungkan bayi, tapi juga bagi Moms dan suami. Pijat dapat membantu bayi untuk berkembang secara mental, sosial, fisik bayi, membuat bayi tak mudah marah, tak mudah menangis dan rewel berkurang, serta jam tidur lebih baik.
Satu studi menemukan bahwa pijat di hari-hari awal dapat membantu bayi yang baru lahir untuk pulih dari sakit kuning lebih cepat. Memberikan pijatan pada bayi mampu mengangkat suasana hati dan membantu Moms merasa lebih berdaya sebagai orang tua.
Waktu yang digunakan untuk pijatan bisa menjadi waktu khusus Moms bersama si Kecil. Saat memijatnya, secara alamiah Moms bisa mengobrol dengannya dan memiliki banyak kontak mata dengannya.
Ini adalah salah satu alasan mengapa pijat dapat membantu Moms dengan depresi pascanatal, atau yang berisiko depresi, untuk berinteraksi dengan bayi mereka. Pijat bayi juga bagus untuk Dads.
ADVERTISEMENT
Beberapa ayah mungkin kehilangan banyak perawatan bayi mereka, terutama jika mereka sedang bekerja dan bayi mereka disusui. Pijatan biasa dengan Dads bisa menjadi rutinitas, mungkin menjelang tidur, yang membantu membawa bayi dan pasangan Anda lebih dekat. Itu juga dapat membantu pasangan Anda jika ia merasa stres.
Semoga bermanfaat.
By: Babyologist Editor