Hindari Pungli, Rapat Komite Sekolah Libatkan Tim Siber Pungli dan Omb

Konten Media Partner
27 Juni 2019 19:12 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Iwansyah. (Rc/Babelhits)
zoom-in-whitePerbesar
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Iwansyah. (Rc/Babelhits)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang akan melibatkan Tim Siber Pungli Pangkalpinang dan Ombudsman Perwakilan Bangka Belitung (Babel) dalam rapat komite sekolah.
ADVERTISEMENT
Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Iwansyah, hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terutama mencegah terjadinya punggutan liar (pungli). Pihaknya akan melakukan penyebaran surat edaran ke setiap sekolah mengenai hal tersebut.
"Kita akan membuatkan edaran ke setiap sekolah yang ada di bawah jajaran Kota Pangkalpinang minimal untuk memberitahukan kepada orang tua/wali murid bahwa dalam rapat komite sekolah nanti akan melibatkan Tim Saber Pungli dan Ombudsaman," tutur Iwansyah, Kamis (27/6/2019).
Iwansyah khawatir jika rapat komite sekolah ini tidak didampingi pihak terkait maka dipastikan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terlebih tidak ada keputusan hasil. Namun jika rapat sudah melibatkan Tim Saber Pungli dan Ombudsman Perwakilan Babel maka hasil kesepakatan tidak boleh di kangkangi.
ADVERTISEMENT
"Diharapkan kepada wali murid, jika diundang dalam rapat komite sekolah untuk dapat hadir, jika ada yang tidak setuju atau keberatan maka segera dapat menyampaikan keberatannya," imbau Iwansyah.
Iwansyah juga mengingatkan kepada orangtua atau wali murid agar tidak memaksakan anaknya yang tidak mampu untuk masuk ke sekolah yang dianggap sekolah favorit, hal ini juga untuk menghindari terjadinya pungli.