Jus untuk Darah Rendah dan Masalah Kesehatan Lainnya

Artikel Kesehatan
Kumpulan artikel yang membahas informasi seputar kesehatan.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2022 19:23 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Artikel Kesehatan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jus untuk darah rendah. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jus untuk darah rendah. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum ditemukan. Karena itu, asupan nutrisi yang diperlukan tubuh, termasuk berbagai olahan jus untuk darah rendah kerap dicari.
ADVERTISEMENT
Rendahnya tekanan darah pada tubuh dapat mengganggu kondisi kesehatan seseorang. Sebab, hal itu dapat membuat tubuh kesulitan untuk mendapat oksigen yang cukup. Akibatnya, muncul berbagai gejala seperti mudah lelah, sulit berkonsentrasi, pusing, pingsan, dan gejala lainnya.
Dikutip dari laman Verywell Health, tekanan darah rendah atau hipotensi adalah sebuah kondisi ketika darah mengalir melalui pembuluh darah pada tekanan yang lebih rendah dari biasanya atau di bawah 90/60 mmHg.
Meski bukan tergolong penyakit berbahaya, tekanan darah rendah dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan bagi penderitanya. Guna mengembalikan tekanan darah menjadi normal, referensi olahan makanan maupun minuman bergizi untuk penderita darah rendah dapat dicoba, termasuk olahan jus. Apa saja rekomendasinya? Simak daftar selengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Daftar Jus untuk Darah Rendah

Ilustrasi jenis jus untuk penderita tekanan darah rendah. Foto: Unsplash.com
Sejumlah makanan dipercaya menjadi solusi untuk menaikkan tekanan darah pada tubuh, termasuk buah dan sayur. Keduanya dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, termasuk jus yang kaya akan kandungan nutrisi dan serat.
Dikutip dari buku Bertahan Hidup dengan Terapi Jus yang disusun oleh Hembing Wijayakusuma, secara umum, tekanan darah rendah salah satunya diakibatkan oleh kebutuhan gizi makanan yang kurang.
Selain itu, pemrosesan makanan menjadi alasan di balik hilangnya kandungan gizi yang terkandung. Untuk itu, olahan jus menjadi opsi yang dipilih agar kandungan nutrisi pada buah dan sayur tetap dapat bertahan dan diserap secara optimal oleh tubuh.
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut rekomendasi daftar jus untuk penderita tekanan darah rendah yang dapat dicoba:
ADVERTISEMENT

Jus bayam

Disadur dari laman Healthline, kandungan zat besi dalam bayam mampu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh. Sebanyak 100 gram bayam mengandung zat besi lebih tinggi dibanding daging merah.
Menurut Wijayakusuma dalam buku Bertahan Hidup dengan Terapi Jus, jus bayam dapat dikonsumsi sebanyak setengah gelas di pagi hari dan sepertiga gelas di siang hari. Agar lebih optimal, konsumsi jus bayam dapat diselingi dengan jenis buah dan sayuran lainnya.

Jus brokoli

Sayur dengan kandungan zat besi tinggi juga dapat ditemukan pada brokoli. Tak hanya meningkatkan tekanan darah, mengonsumsi jus brokoli juga dipercaya dapat mengatasi penyakit demam berdarah.

Jus kurma

Sumber nutrisi untuk mengatasi tekanan darah rendah selanjutnya, yakni jus kurma. Menurut sumber yang sama, 100 gram kurma mengandung setidaknya 1 gram zat besi.
ADVERTISEMENT
Dengan mengonsumsi kurma setiap hari dengan jumlah yang cukup, hal itu dapat menghindarkan tubuh dari gangguan hipotensi.

Jus buah naga

Buah cantik nan unik ini menjadi pilihan tepat bagi penderita tekanan darah rendah. Sebab, buah naga mengandung zat besi, fosfor, kalium, dan berbagai jenis vitamin yang berguna untuk meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh.

Jus delima

Jenis buah penambah darah selanjutnya, yaitu delima. Buah yang satu ini dikenal sebagai solusi penambah darah untuk ibu hamil. Sama dengan jenis buah dan sayur sebelumnya, delima merupakan buah yang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Jus melon

Buah berkadar 90 persen air ini dikenal memiliki kandungan vitamin A dan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Lebih dari itu, melon juga dapat dijadikan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.
ADVERTISEMENT

Jus alpukat

Buah dengan kandungan zat besi dan mineral ini juga berfungsi meningkatkan sel darah merah. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh di dalamnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol.

Bagaimana Cara Menaikkan Darah Rendah?

Ilustrasi memeriksa tekanan darah. Foto: Unsplash.com
Di samping mengonsumsi beberapa jenis jus di atas, cara menaikkan darah rendah dapat dilakukan dengan berbagai metode. Dihimpun dari laman Healthline berikut 11 di antaranya:
ADVERTISEMENT

Apa Efek dari Darah Rendah?

Ilustrasi merasa pusing adalah salah satu efek darah rendah. Foto: Unsplash.com
Tekanan darah rendah umumnya tak terlalu membahayakan penderitanya. Akan tetapi jika terjadi dalam waktu yang lama, hal itu dapat menimbulkan risiko komplikasi, seperti masalah jantung maupun otak.
Menurut sumber yang sama, efek dari tekanan darah rendah dapat menyebabkan penderitanya pusing bahkan pingsan. Sebab, tekanan darah yang terlalu rendah menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh, terutama organ vital menjadi terhambat. Hal itu secara tak langsung dapat mengurangi asupan oksigen dalam tubuh.
Lebih lanjut, berikut ciri-ciri darah rendah yang umum dialami oleh para penderitanya:
Lalu, apa penyebab darah rendah? Menurut Mayo Clinic, tekanan darah rendah atau hipotensi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, di antaranya:
ADVERTISEMENT

Kurangnya asupan nutrisi

Asupan vitamin B12 dan folat pada tubuh dapat menyebabkan produksi sel darah merah menjadi terhambat. Hal itu kemudian dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Dehidrasi

Hilangnya cairan tubuh dapat memicu tekanan darah rendah. Sebab, pada kondisi ini, tubuh kehilangan banyak cairan daripada jumlah yang dibutuhkan. Pada kondisi yang sama, tubuh akan cepat merasa lelah dan pusing.

Anafilaksis

Anafilaksis atau reaksi alergi dari makanan, obat-obatan tertentu, racun serangga, dan lateks. Kondisi itu secara tak langsung dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.
Selain itu, anafilaksis juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan, gatal-gatal, hingga pembengkakan pada tenggorokan.
Itulah rekomendasi jus untuk darah rendah beserta cara mengatasi, efek, ciri, dan penyebabnya. Dengan memahami poin-poin di atas, semoga kesadaran kita terhadap jenis tekanan darah yang satu ini menjadi meningkat.
ADVERTISEMENT
(ANM)