6 Khasiat Daun Sirsak untuk Diabetes hingga Jantung

Artikel Kesehatan
Kumpulan artikel yang membahas informasi seputar kesehatan.
Konten dari Pengguna
21 Mei 2022 13:25 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Artikel Kesehatan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Daun Sirsak Foto: Shutterstock/Sasanajai
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Daun Sirsak Foto: Shutterstock/Sasanajai
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada dasarnya, semua bagian tanaman sirsak berkhasiat, termasuk daun, batang, akar, buah, bahkan biji. Namun, dari semua bagian tersebut, daun sirsak dianggap sebagai bagian yang paling berkhasiat.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Ramuan dan Khasiat Sirsak tulisan Lina Mardiana dan Juwita Ratnasari, penelitian menunjukkan bahwa khasiat daun sirsak bermanfaat sebagai pembunuh alami sel kanker. Bahkan, daun sirsak disebut 10.000 lebih ampuh dari kemoterapi.
Khasiat daun sirsak tidak hanya untuk membantu mengobati kanker. Apa saja khasiat daun sirsak yang lain? Berikut informasi selengkapnya.

Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Ilustrasi daun sirsak. Foto: Pixabay
Daun sirsak merupakan bagian yang mengandung banyak zat, di antaranya annocatacin, annohexocin, annonacin, dan linoleic acid. Daun sirsak secara tradisional bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk mengatasi penyakit batuk hingga jantung.

1. Mengobati Penyakit Batuk dan Bronkitis

Khasiat daun sirsak untuk penyakit batuk dan bronkitis memang masih awam di Indonesia. Namun mengutip buku Daun Sirsak, Langkah Alternatif Menggempur Penyakit tulisan Warsino dan Kres Dahana, di Brasil, daun sirsak sangat populer sebagai obat batuk.
ADVERTISEMENT
Cara mengonsuminya adalah dengan merebus 5-6 lembar daun sirsak tua bersama 2 gelas air matang. Rebus hingga air tersisa 1 gelas. Air rebusan daun sirsak dapat dikonsumsi setiap hari dalam keadaan hangat.

2. Menyembuhkan Penyakit Tifus

Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut dapat dimatikan oleh ekstrak daun sirsak. Namun, penggunaan daun sirsak tidak boleh terlalu tinggi karena justru tidak efektif.
Untuk menyembuhkan tifus, minum air rebusan daun sirsak setiap hari. Anda juga bisa mengonsumsi ekstrak daun sirsak dalam bentuk serbuk sebanyak 1 gram per hari.

3. Mengobati Disentri dan Diare

Disentri dan diare umumnya disebabkan oleh bakteri E. coli yang tidak baik. Namun, sebenarnya ada pula bakteri E. coli yang baik dan berguna untuk tubuh.
ADVERTISEMENT
Karena itu, solusi terbaik agar tidak membunuh bakteri E. coli yang baik adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak. Ekstrak daun sirsak dapat dikonsumsi dalam bentuk air rebusan maupun kapsul.
Ilustrasi daun sirsak. Foto: Pixabay

4. Obat Diabetes

Ekstrak daun sirsak sebagai obat diabetes bekerja dengan meningkatkan jumlah sel beta pankreas, yaitu sel yang berfungsi meningkatkan hormon insulin.
Meski demikian, penggunaan daun sirsak untuk penderita diabetes hanya untuk membantu dengan prinsip menjaga kalori yang dikonsumsi.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun sirsak dapat menurunkan liquid dan gula dalam darah. Jika keduanya berkurang dalam darah, tekanan darah akan kembali normal.
Selain mengonsumsi ekstrak daun sirsak sebagai suplemen, penderita hipertensi juga disarankan untuk menjaga pola makan yang baik dengan asupan serat yang cukup, rendah kolesterol, dan rendah gula.
ADVERTISEMENT

6. Obat Kanker

Ekstrak daun sirsak mengandung senyawa yang sangat ampuh untuk mengatasi kanker, yaitu Annonaceous Acetogenin. Senyawa ini terdiri dari berbagai senyawa turunan acetogenin dengan fungsi yang berbeda-beda.
Senyawa turunan itulah yang berperan dalam mematikan sel kanker dengan cara menghambat pengiriman energi ATP ke dalam sel kanker. Tanpa energi, sel kanker tidak akan tumbuh dan berkembang lalu perlahan mati dengan sendirinya.
(ADS)