Citilink Hadirkan Fasilitas Wifi Untuk Menggaet Pasar Millenial

Konten dari Pengguna
21 Maret 2019 14:57 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ali Zainal Abidin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
                         Sumber Gambar :https://www.flickr.com/photos/turkhavakancolle/44732356912
zoom-in-whitePerbesar
Sumber Gambar :https://www.flickr.com/photos/turkhavakancolle/44732356912
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jakarta -- Pertambahan jumlah penumpang dari kalangan millenial direspon dengan inovasi layanan oleh maskapai Citilink. Pada tahun ini, Citilink menghadirkan fasilitas Wifi di delapan pesawat miliknya.
ADVERTISEMENT
Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur PT Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo daam konferensi pers Citilink Indonesia dan Mahata Aero Teknologi terkait pemasangan wifi di pesawat.
Juliandra mengungkapkan bahwa hampir 70 persen penumpang Citilink merupakan kalangan millineal yang memiliki karakter tidak lepas dari konektivitas dan akses terhadap internet. Hal ini dapat dilihat sebagai peluang untuk memberikan pelayanan dengan menambah pengalaman baru bagi penumpang.
"Citilink bersama Mahata membuktikan kami punya model bisnis yang baru yang bisa kita laksanakan." ujar Julian.
Hal tersebut dibuktikan dengan pertambahan jumlah penumpang yang signifikan sebelum dan sesudah pemasangan fasilitas wifi, yaitu dari 87,0 persen pada periode Januari-Maret 2017 menjadi 90,8 persen selama periode yang sama untuk beberapa rute seperti Jakarta-Batam, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Balikpapan, dan Jakarta-Medan.
ADVERTISEMENT
Fasilitas wifi ini pun nyatanya memiliki kualitas yang tidak sembarangan. Juliandra mengakui hampir semua menanggapi dengan positif fasilitas wifi dengan bandwith tanpa terputus dan tingkat keandalan 95,1 persen.
Ke depannya, pelanggan juga akan dimanjakan dengan fasilitas "free inflight wifi" yang akan dipasang di seluruh armada Airbus A320 miliki Citilink Indonesia yang terdiri dari 50 pesawat.
"Nanti bertahap, April satu, Mei satu, dan yang berat nanti 2020 harus menyelesaikan 50 pesawat, berharap GMF dan Mahata bisa melaksanakan dengan cepat sebulan bisa empat," katanya.
Rute-rute yang dapat menikmati fasilitas ini sejauh ini masih rute-rute utama, yakni Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar.
Sementara, Direktur Utama PT Mahata Aero Teknologi Muhammad Fitriansyah menyebutkan investasi yang dikeluarkan untuk pemasangan wifi di maskapai citilink sebesar 40 juta dolar AS atau setara dengan 564 miliar rupiah.
ADVERTISEMENT
Ke depannya, dia menyebutkan juga akan dipasang pada maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Nam Air.
Reporter : Ali Zainal Abidin