Tips Kreatif Mengoptimalkan Media Sosial

Ali Muakhir
Writer, Content Writer, dan Influencer.
Konten dari Pengguna
5 Oktober 2020 20:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ali Muakhir tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Para Pegiat Media Sosial Sedang Mengunjungi Salah Satu Wisata di Bandung (Foto Ali)
zoom-in-whitePerbesar
Para Pegiat Media Sosial Sedang Mengunjungi Salah Satu Wisata di Bandung (Foto Ali)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Meski pun media sosial sangat beragam, baik jenisnya, kontennya, dan penggunanya, tetapi semua memiliki kesamaan dalam cara penyajian, yaitu sama-sama harus kreatif. Kreativitas akan muncul jika diawali dengan konsep yang matang. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kita lakukan saat membuat konten di media sosial.
ADVERTISEMENT
1). Tentukan Jenis Media Sosialnya
Langkah pertama ini sangat penting supaya konten yang kita buat sesuai dengan karakter media sosial. Saran saya, jangan pernah membagi tulisan yang sama dalam beberapa media sosial. Kalau pun akan membagi tulisan yang sama, alangkah baiknya diubah terlebih dahulu bagian pengantar atau bagian awalnya.
2). Tentukan Tema dan Idenya
Tema dan ide ini akan menjadi ukuran konten kita bernilai atau tidak, konten kita penting atau tidak, konten kita menarik atau tidak, konten kita unik atau tidak. Tema dan ide sesepele apa pun harus disertakan dalam setiap unggahan.
3). Tulis dengan Gaya Kita
Ini yang terkadang kita lupakan sebagai pegiat media sosial, menulis dengan gaya kita. Cara paling mudah adalah dengan gaya bahasa keseharian, tetapi tetap dengan mengacu pada tata bahasa yang baik dan benar.
ADVERTISEMENT
4). Gunakan Pembuka Ala Marketer
Kalimat awal yang kita tuangkan pada setiap unggahan di media sosial adalah kalimat sakti karena kalimat awal yang akan mengundang pengikut kita terus membaca unggahan kita atau melewatkan begitu saja.
Ada cara paling mudah yang bisa dilakukan teman-teman, yaitu mengawali tulisan ala marketer.
5). Tutup dengan Manis dan Ajakan
Point 5 ini kadang dilupakan teman-teman pegiat media sosial. Membuat status facebook panjang lebar, tetapi tidak ada penutup yang manis dan sebuah ajakan (entah ajakan untuk mengikuti apa yang kita tulis, ajakan untuk share, atau untuk follow).
Kenapa ini penting? Karena jika unggahan kita penting, follower pasti akan mengikuti apa yang kita inginkan. Itu saja tips dari saya, semoga bermanfaat.
ADVERTISEMENT