Bantu UMKM, Mahasiswa UNDIP Melakukan Penyuluhan Terkait Social Media Marketing

Aldha Wulan Nugraheni
Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.
Konten dari Pengguna
8 Agustus 2022 20:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Aldha Wulan Nugraheni tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
(05/08/2022) Kegiatan penyuluhan terkait strategi social media marketing di Kelurahan Pedurungan Lor, Semarang. (Sumber: Foto Pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
(05/08/2022) Kegiatan penyuluhan terkait strategi social media marketing di Kelurahan Pedurungan Lor, Semarang. (Sumber: Foto Pribadi)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Semarang, 07/08/22 – Salah satu prospek kehidupan yang sangat berpengaruh saat ini adalah prospek ekonomi. Meningkatkan kasus Covid-19 di Indonesia merupakan salah satu penyebab utama dari menurunnya angka perekonomian. Oleh karena itu, dalam menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata, Mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2022, Aldha Wulan Nugraheni (21), telah melaksanakan kegiatan penyuluhan kepada beberapa pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Pedurungan Lor mengenai “Strategi Social Media Marketing melalui Pengelolaan Media Sosial untuk UMKM di Kelurahan Pedurungan Lor.” Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat (05/08) lalu di Kelurahan Pedurungan Lor dan dihadiri oleh 5 pengusaha UMKM termasuk Ketua UMKM Pedurungan Lor itu sendiri.
ADVERTISEMENT
Program kerja yang diusung berupa kegiatan yang memiliki kaitan erat dengan dunia perekonomian saat ini. Dengan menghidupkan kembali UMKM di Kelurahan Pedurungan Lor yang sempat menurun, kegiatan penyuluhan tersebut dapat membantu para pengusaha UMKM. Terlebih di era serba digital saat ini juga memiliki dampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat, beradaptasi dengan keadaan yang membatasi interaksi antar individu maka kegiatan pemasaran dengan media sosial sangat diperlukan.
(05/08/2022) Keberlangsungan pemaparan materi untuk para pengusaha UMKM di Pedurungan Lor. (Sumber: Foto Pribadi)
Kegiatan penyuluhan social media marketing tersebut berupa penjelasan bagaimana cara mengaktifkan akun bisnis di Instagram dan WhatsApp, bagaimana pemanfaatan fitur iklan di Instagram, serta penulisan caption yang menarik bagi konsumen. Beberapa pengusaha UMKM di Kelurahan Pedurungan Lor terlihat sangat antusias akan materi yang dipaparkan, terdapat juga beberapa pertanyaan yang diajukan terkait strategi konten dan penulisan caption yang baik saat beriklan di media sosial.
ADVERTISEMENT
Strategi social media marketing ini merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan guna meningkatkan usaha dan perekonomian warga. Munculnya teknologi yang semakin canggih dapat membuat masyarakat khususnya para konsumen terpapar informasi serta iklan dari produk yang diunggah melalui media sosial. Berdasarkan survey dari databoks.katadata.co.id, terdapat 73% masyarakat mendapatkan informasi dari media sosial. Artinya, dengan menerapkan social media marketing dalam memasarkan produk, besar kemungkinan para pengusaha UMKM dapat meningkatkan kembali usaha yang telah mereka jalankan.
Pelaksanaan kegiatan penyuluhan mengenai social media marketing terhadap UMKM di wilayah Pedurungan Lor diharapkan dapat memberikan perubahan yang positif dalam penjualan produknya dan memanfaatkan media sosial dengan baik. Pada akhir kegiatan, respon yang diberikan oleh Ketua UMKM Pedurungan Lor sangat memuaskan.
ADVERTISEMENT
Penulis: Aldha Wulan Nugraheni – Ilmu Komunikasi (14040119140147)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si