Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 Dinilai Rendah, Ini Kata Gugus Tugas Aceh

Konten Media Partner
12 Agustus 2020 18:51 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas di RSUDZA Banda Aceh memakai APD lengkap. Foto: Abdul Hadi/acehkini
zoom-in-whitePerbesar
Petugas di RSUDZA Banda Aceh memakai APD lengkap. Foto: Abdul Hadi/acehkini
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Anggota tim pakar Satgas COVID-19 Nasional, Dewi Nur Aisyah, merilis data terbaru mengenai tingkat kesembuhan corona di Indonesia, pada Rabu (12/8). Dalam data tersebut, Aceh menempati posisi terendah dibandingkan provinsi lain dengan tingkat kesembuhan hanya 13,6 persen.
ADVERTISEMENT
Menanggapi data tersebut, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani alias SAG, menyebut berdasarkan jumlah kasus per Selasa (11/8) kemarin sebanyak 675 dan pasien sembuh 225 orang, seharusnya tingkat kesembuhan corona di Aceh mencapai 33,3 persen.
"Kalau angka per 11 Agustus kemarin itukan 675 kasus dan yang sembuh 225. Jadi kalau 225 dibagi 675 dikali 100, itu dapatnya 33,3 persen," ujar Saifullah Abdulgani kepada acehkini, Rabu (12/8).
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. Foto: Suparta/acehkini
Terkait data yang dirilis Satgas COVID-19 Nasional, Saifullah menolak berkomentar. Menurutnya, ia tidak mengetahui dasar perhitungan yang digunakan Satgas COVID-19.
"Kami tidak bisa mengomentari karena enggak tahu dasar perhitungan mereka seperti apa. Apakah BNPB juga hitungannya memasukkan pasien dalam pengawasan," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Saifullah, data yang dirilis Tim Satgas COVID-19 sudah dikirimkan ke tim teknis di Dinas Kesehatan Aceh dan tim surveilans. "Biar mereka konfirmasi dengan data yang sesungguhnya," tuturnya.
Sebelumnya diberitakan, Aceh kini berpredikat sebagai provinsi dengan tingkat kesembuhan corona di Indonesia. Hal itu dipaparkan dalam data yang diumumkan anggota tim pakar Satgas COVID-19 Dewi Nur Aisyah.
Dalam data itu, tingkat kesembuhan pasien corona di Aceh hanya 13,6 persen. Sangat jauh dari 33 provinsi lainnya.
Dengan Sumatera Utara saja yang berada satu strip di atas mereka jaraknya jauh. Di Sumut tingkat kesembuhanya berada di 42,4 persen.
"15 provinsi di Indonesia masih butuh mengejar angka kesembuhan. Minimal sama seperti dunia, maksimal kalau bisa 100 persen," kata Dewi di BNPB, Rabu (12/8).
ADVERTISEMENT