Longsor dan Banjir Luapan di Bener Meriah, Jalan Desa Putus

Konten Media Partner
1 September 2022 9:12 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jalan desa yang longsor di Bener Meriah, Aceh. Foto: dok. BPBA
zoom-in-whitePerbesar
Jalan desa yang longsor di Bener Meriah, Aceh. Foto: dok. BPBA
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bencana longsor dan banjir luapan melanda 4 desa dalam 3 kecamatan di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Rabu malam (31/8). Salah satu jalan desa terputus, kebun kopi rusak.
ADVERTISEMENT
Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, bencana itu disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur kawasan Bener Meriah dan Aceh Tengah yang terletak di dataran tinggi Gayo dalam sepekan terakhir.
Wilayah yang dilanda longsor dan banjir luapan adalah Desa Tingkem Benyer dan Desa Uring di Kecamatan Bukit. Selanjutnya Desa Simpang Utama di Kecamatan Bandar, dan Desa Lampahan Barat di Kecamatan Timang Gajah. “Korban terdampak masih dalam pendataan BPBD Bener Meriah,” tulis Haslinda, staf Pusdatin BPBA dalam laporannya, Kamis (1/9/2022).
Kebun kopi yang rusak. Foto: dok. BPBA
Data sementara, dampak material akibat bencana alam tersebut adalah putusnya badan jalan Desa Uring menuju ke Desa Paya Gajah di Kecamatan Bukit. Kemudian satu mobil terperosok ke parit akibat menghindari longsoran. “Jalan belum bisa dilalui oleh kendaraan dan air sudah mulai surut,” jelas BPBA.
ADVERTISEMENT
Saat ini, BPBD Bener Meriah masih melakukan pemantauan, penanganan dan melakukan pendataan di lokasi kejadian. Sementara hujan masih berpotensi terus mengguyur wilayah tengah Aceh. []