Berkeliaran di Kebun Warga, Orang Utan Besar Dievakuasi di Subulussalam

Konten Media Partner
22 November 2022 17:28 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Orang utan yang dievakuasi di Subulussalam. Dok. Polisi
zoom-in-whitePerbesar
Orang utan yang dievakuasi di Subulussalam. Dok. Polisi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Satu individu orang utan Sumatra di Desa Binanga, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam, Aceh, berhasil dievakuasi tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Yayasan Orang utan Sumatera Lestari-Orang utan Information Centre (YOSL-OIC), TNI dan polisi, Senin (21/11/2022).
ADVERTISEMENT
Orang utan tersebut ditemukan berkeliaran di kebun warga dekat perkampungan. Upaya evakuasi satwa dilindungi itu dilakukan dengan cara dibius, dan baru berhasil saat menjelang malam kemarin.
"Laporan awal dari Seksi Konservasi Wilayah II, satu individu orang utan telah berhasil dievakuasi. Belum diketahui jenis kelamin serta usianya, karena tim di lokasi masih melakukan observasi," jelasnya Agus Arianto, Kepala BKSDA Aceh kepada acehkini, Selasa (22/11).
Secara fisik, orang utan itu bertubuh besar, berbulu lebat dan tampak sehat. Menurut Agus, setelah dievakuasi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada satwa endemik Sumatra tersebut, untuk dilepasliarkan kembali ke kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil.
Orang utan yang berhasil dievakuasi di Subulussalam. Dok. Polisi
"Lokasi ditemukannya tidak jauh dari kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil," jelasnya. Kawasan itu adalah tempat hidup orang utan Sumatra.
ADVERTISEMENT
Agus mengimbau masyarakat sekitar, jika menemukan atau membutuhkan penanganan dari BKSDA Aceh, untuk melaporkan ke Call Center di nomor 0812836024.
"Perlu kerja sama dari seluruh pihak untuk tidak merusak habitatnya," tutup Agus. [] Yudi Ansyah