Barongsai Aceh Wakili Indonesia di Turnamen Internasional Tiongkok

Konten Media Partner
6 September 2019 16:49 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penampilan Barongsai Golden Dragon saat perayaan Imlek di Aceh, Februari 2019. Foto: Suparta/acehkini
zoom-in-whitePerbesar
Penampilan Barongsai Golden Dragon saat perayaan Imlek di Aceh, Februari 2019. Foto: Suparta/acehkini
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Klub Barongsai Aceh, Golden Dragon binaan Yayasan HAKKA Aceh berkesempatan mengikuti turnamen Barongsai Internasional di Tiongkok, pada 17-22 September 2019 mendatang.
ADVERTISEMENT
“Kami ditunjuk dan dipercayakan untuk mewakili Perkumpulan HAKKA Indonesia Sejatrea (PHIS) untuk berlaga di Tiongkok, dalam kejuaraan tingkat dunia,” kata Kho Khie Siong alias Aky, Ketua Yayasan HAKKA Aceh, di Banda Aceh, Jumat (6/9/2019).
Menurutnya, turnamen itu bernama “Gong Yi Cooper Camel Cup HAKKA Dragon, dan Lion Dance International Invitational Tournament” digelar di Kota Henan, Zhengzhou, Tiongkok. “Kami berangkat setelah mendapat rekomendasi dari PB FOBI dan KONI Aceh,” jelas Aky, yang juga Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Aceh.
Dalam turnamen tersebut, Klub Barongsai Golden Dragon Aceh akan membawa 9 atlet dan 4 official. Mereka mengikuti 1 kategori yaitu Toulo Bebas (Tonggak), sebagai kategori paling bergengsi di Barongsai.
Para pemain Barongsai Golden Dragon saat perayaan Imlek 2019. Foto: Suparta/acehkini
Kata Aky, kepercayaan dan kesempatan ini menjadi berkah bagi semua masyarakat Aceh secara umum, karena dapat memperkenalkan/mempromosikan daerah Aceh ke tingkat Dunia. “Kami mengharapkan dukungan segenap lapisan masyarakat Aceh dan Indonesia, agar dapat meraih prestasi yang membanggakan,” harapnya.
ADVERTISEMENT
Barongsai adalah permainan tradisi dari masyarakat Tionghoa yang berasal dari Negeri Tiongkok, permainan ini sangat dikenal dan disukai masyarakat dunia. Di Indonesia, permainan Barongsai secara resmi dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, dan bergabung di bawah bendera KONI pada pada 23 Februari 2013. Bernaung di dalam Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI).
Di Aceh, FOBI terbentuk pada 11 Juni 2014, berpusat di Banda Aceh. Selain di Banda Aceh, beberapa daerah yang mempunyai klub barongsai adalah di Kota Sabang, Kabupaten Aceh Timur, dan Kabupaten Aceh Tamiang.
Golden Dragon yang dibina Yayasan HAKKA Aceh sendiri, telah malang-melintang di beberapa kejuaraan Nasional. Mereka juga berhasil meraih medali Perunggu dalam ajang PON XIX di Jawa Barat, tahun 2016. []
Penampilan klub Barongsai Golden Dragon. Foto: Suparta/acehkini
Reporter: Adi W
ADVERTISEMENT