154 Calon Jemaah Haji asal Aceh Barat Mulai Disuntik Vaksin COVID-19

Konten Media Partner
25 Maret 2021 20:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Calon jemaah haji di Kabupaten Aceh Barat mengikuti vaksinasi COVID-19, Kamis (25/3). Foto: Siti Aisyah/acehkini
zoom-in-whitePerbesar
Calon jemaah haji di Kabupaten Aceh Barat mengikuti vaksinasi COVID-19, Kamis (25/3). Foto: Siti Aisyah/acehkini
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebanyak 154 calon jemaah haji asal Kabupaten Aceh Barat, Aceh, mulai mengikuti vaksinasi COVID-19 pada Kamis (25/3). Penyuntikan vaksin corona Sinovac tersebut dilakukan sebagai persiapan jika ada pemberangkatan haji ke Tanah Suci Makkah tahun ini.
ADVERTISEMENT
"Walaupun belum ada penetapan keberangkatan, jemaah haji juga harus dipersiapkan menjelang keberangkatan haji mendatang, salah satunya dengan melakukan vaksinasi COVID-19," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Tharmizi, kepada acehkini, Kamis (25/3).
Tharmizi menjelaskan, vaksinasi calon jemaah haji tersebut dilakukan di dua tempat, yaitu di UPT Puskesmas Johan Pahlawan dan UPT Puskesmas Suak Ribee. Penyuntikan vaksin bagi calon jemaah haji dilakukan hingga tiga hari ke depan, sebagai syarat utama yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.
Vaksinasi COVID-19 bagi calon jemaah haji di Kabupaten Aceh Barat, Kamis (25/3). Foto: Siti Aisyah/acehkini
Lebih lanjut, ia menyampaikan, terkait pelaksanaan haji tahun 1442 Hijriah/2021 belum ada informasi kepastian keberangkatan. Menurut informasi dari pemerintah, pelaksanaan haji Indonesia menunggu konfirmasi persetujuan dari Pemerintah Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
"Semoga pelaksanaan haji tahun ini dapat terlaksana dengan baik," sebutnya.
Bambang, salah seorang calon jemaah haji asal Kabupaten Aceh Barat berharap, pelaksanaan haji tahun ini tidak lagi ditunda, dan seluruh jemaah diberangkatkan tanpa mengambil alternatif lain, meskipun harus menjalankan protokol kesehatan.
"Kita siap ikuti protokol kesehatan. Jangan sampai keberangkatan tahun ini tertunda lagi," ujarnya.