Uniknya Pohon Eukaliptus yang Berwarna-warni

Absal Bachtiar
Pencinta Cerita dan Asal-usul Kata
Konten dari Pengguna
2 April 2020 8:28 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Absal Bachtiar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: commons.wikimedia.org
zoom-in-whitePerbesar
Foto: commons.wikimedia.org
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pohon eukaliptus memiliki spesies yang jumlahnya lebih dari 700. Dari sekian banyak spesies tersebut, ada satu spesies yang benar-benar unik, yaitu eucalyptus deglupta atau yang juga kerap dikenal sebagai eukaliptus pelangi.
ADVERTISEMENT
Sesuai namanya, eukaliptus pelangi memiliki wujud yang berwarna-warni bagaikan pelangi. Warna-warni itulah yang menjadikannya sebagai tanaman unik. Keragaman warnanya terdapat pada bagian kulit terluar yang melapisi batang pohon.
Kulit eukaliptus pelangi memiliki berbagai warna mulai dari hijau, biru, ungu, hingga oranye. Dalam waktu tertentu, batang pohon eukaliptus pelangi akan mengalami proses ganti kulit yang menjadikan semua warna yang menghiasinya terus awet dan cerah. Saking cerahnya, di batang pohon eukaliptus pelangi bahkan tampak seakan-akan dibuat dengan cara dicat.
Foto: Pulau Seram, Indonesia | commons.wikimedia.org
Eukaliptus pelangi bisa ditemukan tumbuh secara alami di sejumlah tempat di Asia Tenggara seperti Filipina dan Papua Nugini. Pohon ini juga ada di beberapa daerah di Indonesia, misalnya Pulau Seram dan Sulawesi. Sementara itu di tempat lain, eukaliptus pelangi banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas dan barang hiasan.
ADVERTISEMENT
Selain penampilannya indah, eukaliptus pelangi juga berukuran cukup besar dan tingginya pun menjulang. Diameter pohon bisa mencapai sekitar 1,8 meter sementara tingginya mencapai 60 meter di habitat aslinya atau 30 meter di wilayah lain yang menjadi tempatnya dibudidayakan. Setiap tahun, eukaliptus pelangi bisa bertambah tinggi 90 hingga 150 sentimeter.
Meski bisa ditemukan di berbagai tempat selain habitat aslinya, eukaliptus pelangi tak bisa tumbuh di sembarang lokasi. Untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, eukaliptus pelangi membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah banyak serta tanah yang basah dan kaya nutrisi. Eukaliptus pelangi juga tidak tahan terhadap kondisi beku sehingga tak bisa hidup di daerah yang dingin.
Sumber: australiangeographic.com | gardenia.net | amusingplanet.com
ADVERTISEMENT