Scilly, Tempat Raja Arthur Konon Dimakamkan

Absal Bachtiar
Pencinta Cerita dan Asal-usul Kata
Konten dari Pengguna
17 Januari 2021 21:30 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Absal Bachtiar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kepulauan Scilly | Wikimedia Commons
zoom-in-whitePerbesar
Kepulauan Scilly | Wikimedia Commons
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berbicara mengenai Raja Arthur, mungkin akan membuat kebanyakan orang berpikir tentang Guinevere, Lancelot, dan pedang yang tertancap di sebuah batu. Memang, sosok raja ini masih sebatas mitos belaka, yang keberadaan aslinya masih rutin diperdebatkan. Namun, ada beberapa hal yang berkaitan dengan dirinya yang betul-betul ada di dunia nyata, seperti tempat ia dimakamkan.
ADVERTISEMENT
Dikabarkan bahwa sosok raja tersebut meninggal dunia dan dimakamkan di Kepulauan Scilly. Kepulauan ini terletak sekitar 40 kilometer di sebelah barat daya dari Cornwall, Inggris.
Dari sekitar 140 pulau di Scilly, hanya lima pulau saja yang dapat dihuni. Ini pun sekarang hanyalah bekas peninggalan pemukiman penduduk. Sisanya, cuma ada rumah pondok bagi para nelayan.
Sementara itu, dibandingkan dengan jumlah perumahan penduduk, di pulau-pulau di Scilly justru lebih banyak sekali makam-makam kuno. Kondisi ini memang tampak cocok sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi Raja Arthur.
Area pemakaman di Kepulauan Scilly | Wikimedia Commons
Kepulauan Scilly saat ini berada di bawah kekuasaan Pangeran Charles dan semua wilayah di kepulauan tersebut berstatus "sewa". Artinya kadipaten setempat wajib membayar biaya pendapatan mereka ke kantong pribadi Pangeran Charles.
ADVERTISEMENT
Tak mengejutkan, dengan kondisi tersebut, penduduk lokal kemudian membuat petisi kepada Kadipaten.
Meski ada konflik internal terkait politik di Inggris, namun reputasi kepulauan ini tergolong salah satu tempat destinasi wisata populer di Inggris. Reputasi ini bahkan berlaku di beberapa negara terdekat. Sektor pariwisata Scilly pun berkembang dengan cukup baik dalam beberapa dekade terakhir.
Cukup disayangkan, terlepas dari kabar legendaris, kemungkinannya sangat kecil bagi para turis untuk dapat menemukan makam Raja Arthur di Scilly. Karena, sejatinya, kabar mengenai pemakaman itu hanya berdasarkan pada dongeng dari Alfred Lord Tennyson, seorang penyair Inggris yang hidup pada abad ke-19, melalui buku Idylls of the King.