Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut Melalui Kampung Bahari Nusantara

Dila wardani supardi
Mahasiswa S1 TEKNIK TELEKOMUNIKASI di isntitut teknologi telkom purwokerto
Konten dari Pengguna
22 Juli 2022 15:18 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dila wardani supardi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Dokumen Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Dokumen Pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bertempat di Pos TNI AL Tabanio, Desa Tabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla didampingi Perwira Stafnya telah meresmikan pembukaan program pembangunan Kampung Bahari Nusantara (KBN) tahun 2022 dengan tema "Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut Melalui Kampung Bahari Nusantara" yang dihadiri unsur Forkopimcam, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat Maritim (Pesisir) serta para tamu dan undangan lainnya. Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan, pembacaan do'a, pemotongan nasi tumpeng, ramah tamah, foto bersama dan penancapan tiang pertama di pantai Tabanio sebagai pertanda dimulainya program pembangunan KBN yang meliputi cluster kesehatan, pendidikan,, ekonomi, pariwisata dan posko pertahanan keamanan.
ADVERTISEMENT
Dikesempatannya, Danlanal Banjarmasin mengatakan kegiatan dalam rangka pembukaan program pembangunan KBN yang diselenggarakan ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono,S.E., M.M sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu program Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.
Selain dari pada itu sebagai fungsi pembinaan potensi Maritim yang tangguh, di mana Desa Tabanio merupakan masyarakat Maritim (Pesisir) binaan Lanal Banjarmasin yang bertujuan untuk memberdayakan hasil potensi ekonomi yang dimilikinya supaya bisa dimanfaatkan secara optimal dan menambah kesejahteraan masyarakat serta sebagai perwujudan keikutsertaan dalam melestarikan dan memperkokoh kemanunggalan TNI AL dengan rakyat guna mewujudkan pembinaan ketahanan nasional untuk berperan aktif dalam menunjang pembangunan pertahanan nasional yang kuat.(terang Danlanal)
ADVERTISEMENT
Di kesempatannya, Danlanal Banjarmasin mengatakan kegiatan dalam rangka pembukaan pembangunan KBN yang diselenggarakan ini merupakan program yang dirancang oleh staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamada TNI Yudho Margono,S E, M M sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.
Sumber : Dokumen Pribadi
Tujuan dari penyelenggaraan pemberdayaan wilayah pertahanan laut adalah : Dalam perspektif kepentingan bertujuan untuk menyiapkan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini dalam rangka melestarikan pemberdayaan laut. Dengan adanya program pembangunan KBN di desa tabanion ini dapat memperkuat wilayah laut dengan segala potensinya untuk kepentingan pertahanan negara di laut.
Saat ini TNI AL memperluas pemberdayaan wilayah pertahanan laut untuk mendukung pertahanan negara dalam kerangka sistem pertahanan rakyat semesta, dengan kerja sama di pesisir di desa tabanion ini dapat memudahkan program pembangunan KBN yang bertujuan untuk memudahkan kerja sama antara TNI AL dan masyarakat yang ada di desa tabanion. Selain itu, dapat mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Pemberdayaan bagi masyarakat pesisir dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi mereka dengan memberikan pembekalan dan pengetahuan agar dapat lebih maksimal menggali potensi sumber daya alam yang tersedia.